Semangat Keimanan

“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mu’min diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.”  AT-TAUBAH [9] : 111

 

Api semangat yang membara perlu digelorakan untuk membakar segala ketidak-berdayaan, kelalaian dan keragu-raguan dalam menjalani hidup, yang selanjutnya berwujud menjadi optimisme. Kekuatan semangat itu akan mampu menciptakan suatu keadaan pribadi yang selalu siap siaga dan tak pernah putus asa atas beragamnya permasalahan hidup yang harus dihadapi. Kobarannya tak boleh terpadamkan oleh berbagai terpaan ujian baik dari luar maupun dari dalam diri, yang membuatnya senantiasa menyala adalah keimanan yang teguh di dalam hati. Semangat yang didasari keimanan akan membangun hidup ini menjadi lebih hidup dan senantiasa indah dirasakan karena pencapaian-pencapaian sukses yang dilalui dengan perjuangan. Ritme kehidupan menjadi mempesona karena kuatnya mekanisme pertahanan diri sehingga membuat takjub siapapun yang memandangnya.

Dalam menapaki perjalanan hidup ini, semangat harus senantiasa kita nyalakan dengan keimanan kita. Kalau iman kita kuat maka semangat pun akan semakin kuat, tetapi jika iman kita lemah, maka semangat kita pun menjadi lemah. Maka untuk menumbuhkan semangat itu kita harus menyegarkan dan meningkatkan iman kita setiap saat. Sehingga lahirlah semangat itu. Semangat untuk beramal shaleh, menebarkan keindahan Islam dan berjihad di jalan Allah. Jika kita hanya menampakan pribadi yang loyo dalam menghadapi tantangan, payah untuk bangun dan bergerak menyongsong perubahan serta tidak berstamina untuk berjuang, apakah yang akan dicapai di arena hidup ini? Padahal semunya butuh perjuangan.

Orang-orang yang berhasil dalam hidupnya telah melalui siang dan malamnya dengan penuh perjuangan dan semangat yang membara. Rasulullah saw, para sahabat, tabi’in, tabi’ut-tabi’in, ulama, mujahidin dan orang-orang yang teguh di jalan Allah telah melaksanakan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini dengan penuh semangat, karena mereka yakin bahwa Allah akan mengganti jerih payahnya dengan balasan yang sangat besar, keni’matan surga yang tidak pernah terbayangkan.

Allah SWT membeli atau mengganti setiap jerih payah pengorbanan baik diri maupun harta kita dengan surga-Nya, lalu siapkah kita untuk menyambut janji yang benar dari yang Maha Benar?

Semangat…..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s