DOA-DOA SHALAT

Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah saw

Doa sebelum wudhu
بسم الله
”Dengan nama Allah (aku berwudhu)”

Doa setelah wudhu

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
“Aku bersaksi tidak ada tuhan selain Allah semata dan tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.”

Lafadz adzan
الله اكبر، الله أكبر (2 x)
Allah yang maha agung, Allah yang maha agung

أشهد أن لا إله إلا الله (2 x)
Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah
أشهد أن محمدا رسول الله (2 x)
Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah
حي على الصلاة x)2 (
Marilah kita shalat
حي على الفلاح x)2 (
Marilah kita menuju kemenangan
الله أكبر، الله أكبر
Allah yang maha agung, Allah yang maha agung
لا إله إلا الله
Tiada tuhan selain Allah

Bacaan orang yang mendengar Adzan

Orang yang mendengarkan adzan harus menjawab sebagaimana yang diucapkan oleh Muadzin, kecuali :
حي على الفلاح حي على الصلاة،
Maka yang mendengar mengucapkan :

لاحول ولا قوة إلا بالله
“ Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah. “

Doa setelah Adzan

اللهم رب هذه الدعوة التامة والصلاة القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته.
” Ya Tuhanku yang memelihara ajakan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, semoga Engkau memberikan kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan pangkat yang mulia, semoga Engkau memberikan kepada Nabi Muhammad tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.”

Lafadz Iqamah

الله اكبر (1x atau 2x)
أشهد أن لا إله إلا الله
أشهد أن محمدا رسول الله
حي على الصلاة
حي على الفلاح
قد قامت الصلاة (2x)
Sesungguhnya, shalat akan didirikan
الله أكبر(1x atau 2x)
لا إله إلا الله

Takbiratul Ihram
الله أكبر Allah yang maha agung

Do’a Iftitah
1
سبحانك اللهم وبحمدك وتبارك اسمك وتعالى جدك ولاإله غيرك
“Maha suci Engkau ya Allah dengan disertai segala pujian bagi-Mu, maha berkah nama-Mu, dan maha luhur kemuliaan-Mu serta tiada lagi tuhan selain Engkau.”

2
اللهم باعد بيني وبين الخطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب اللهم نقني من خطاياي كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس اللهم اغسلني من خطاياي بالماء والثلج والبرد
Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan dosa-dosaku sebagaimana telah Engkau jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana telah Engkau bersihkan baju putih dari kotoran, ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air dan salju.

3
وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين ، إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العلمين لا شريك له وبذلك أمرت وأنا من المسلمين ، اللهم أنت الملك لا إله إلا أنت ، أنت ربي و أنا عبدك ظلمت نفسي واعترفت بذنبي فاغفرلي ذنوبي جميعا إنه لا يغفر الذنوب إلا أنت واهدني لأحسن الأخلاق لا يهدي لأحسنها إلا أنت واصرف عني سيئها لا يصرف عني سيئها إلا أنت لبيك وسعديك والخير كله في يديك والشر ليس إليك أنا بك وإليك تباركت وتعاليت أستغفرك وأتوب إليك
”Aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi karena ikhlas, dan aku bukan termasuk golongan orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadah pengurbananku, hidupku dan matiku hanya milik Allah tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan karena itu aku diperintahkan, dan aku termasuk golongan orang-orang Islam. Ya Allah Engkulah Penguasa, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau Tuhanku dan aku hamba-Mu, aku telah menganiaya diri sendiri dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah semua dosaku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau, tunjukilah aku kepada akhlak yang terbaik, tidak ada yang bisa menunjukinya selain Engkau, dan hidarkanlah aku dari akhlak yang buruk, tidak ada yang bisa menghindarkannya selain Engkau, aku memenuhi panggilan-Mu dengan kegembiraan, kebaikan seluruhnya di tangan-Mu, dan kejelekan bukanlah pada-Mu, aku hidup dengan (pertolongan dan rahmat)Mu dan kepada-Mu aku kembali. Maha suci Engkau dan maha tinggi. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Membaca Ta’awudz
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
Aku berlindung dari godaan syetan yang terkutuk

Membaca surat Al-Fatihah

Artinya: ”Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam. Yang maha pengasih dan maha penyayang. Yang merajai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni’mat, bukan jalan orang-orang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.”
Membaca Amiin
آمين
Semoga Allah mengabulkan permohonan kami.

Membaca surat selain Al-Fatihah

Doa Ruku’
1
سبحان ربي العظيم
Maha suci tuhanku yang maha agung
2
سبحانك اللهم ربنا وبحمدك اللهم اغفرلي
Maha suci Engkau ya Allah tuhan kami dan dengan disertai segala puji milik-Mu, ya Allah ampunilah aku
3
سبوح ، قدوس ، رب الملئكة والروح
Engkau Tuhan yang maha suci, Tuhan malaikat dan Jibril

Doa I’tidal
سمع الله لمن حمده
Semoga Allah mendengar kepada siapa yang memujinya
1
ربنا لك الحمد
Ya Tuhan kami segala puji bagi-Mu
2
ربنا و لك الحمد
Ya Tuhan kami dan segala puji bagi-Mu
3
ربنا و لك الحمد ، حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه
Ya Tuhan kami dan segala puji bagi-Mu, dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh dengan berkah
4
ربنا لك الحمد ملء السموات والأرض وملء ماشئت من شيئ بعد، أهل الثناء والمجد، أحق ماقال العبد وكلنا لك عبد، لا مانع لما أعطيت ولا معطي لما منعت ولا ينفع ذا الجد منك الجد
”Ya tuhan kami segala puji bagi-Mu, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh yang Engkau kehendaki setelah itu, wahai Dzat yang layak dipuji dan diagungkan, yang paling berkak dikatakan oleh seorang hamba dan kami seluruhnya adalah hamba-Mu, tidak ada yang dapat menolak kepada apa yang telah Engkau berikan kepadanya, dan tidak ada yang dapat memberi kepada apa yang telah Engkau tolak dan tiada gunanya kemuliaan, dari Engkaulah datangnya kemuliaan.”

Doa Sujud
1
سبحان ربي الأعلى (3x)
Maha suci tuhanku yang maha luhur

2
سبحانك اللهم ربنا وبحمدك اللهم اغفرلي
Maha suci Engkau ya Allah tuhan kami dan dengan disertai segala puji milik-Mu, ya Allah ampunilah aku
3
سبوح ، قدوس ، رب الملئكة والروح
Engkau Tuhan yang maha suci, Tuhan malaikat dan Jibril

Doa duduk di antara dua sujud
1
رب اغفرلي ، رب اغفرلي
”Ya Tuhanku, ampunilah aku, Ya Tuhanku, ampunilah aku.”
2
اللهم اغفرلي وارحمني واجبرني واهدني وارزقني
”Ya Allah, ampunilah aku dan kasihanilah aku, dan berikanlah kecukupan kepadaku, dan berikanlah petunjuk kepadaku, dan berikanlah rezeki kepadaku.”

Doa Tasyahhud awal
1

التحيات لله والصلوات والطيبات ، السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته ، السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين ، أشهد أن لاإله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله
”Semua kehormatan itu bagi Allah, semua rahmat dan semua kebaikan. Semoga keselamatan diberikan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu baginya dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya.”
2
التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله ، السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته ، السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين ، أشهد أن لاإله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله
”Semua kehormatan, keberkahan, rahmat dan kebaikan bagi Allah. Semoga keselamatan diberikan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Saya bersaksi tiada tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Shalawat
اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم ، وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم ، في العلمين إنك حميد مجيد
“Semoga Allah memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Dan semoga Engkau memberikan barokah kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan barokah kepada keluarga Nabi Ibrahim di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau maha terpuji dan maha mulia.”

Tasyahhud akhir ditambah dengan doa

اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم ومن عذاب القبر ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari siksa fitnah hidup dan mati dan dari fitnah almasih dajjal (tukang bohong).

(dan)
اللهم إني ظلمت نفسي ظلما كثيرا، ولا يغفر الذنوب إلا أنت، فاغفرلي مغفرة من عندك وارحمني إنك أنت الغفور الرحيم
“Ya Allah, sesungguhnya aku sangat zalim terhadap diri sendiri, dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dan berilah rahmat kepadalu, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Ucapan salam
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Semoga keselamatan diberikan kepada kalian begitu pula rahmat Allah dan barokahnya.

(boleh juga dengan Assalaamu’alaikum atau Assalaamu’alaikum warahmatullah).

Wirid (dzikir dan doa setelah shalat)
أَسْتَغْفِرُ اللهَ (3 x)
Aku memohon ampun kepada Allah,

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.
Ya Allah, Engkaulah yang maha sejahtera dan dari-Mu datangnya keselamatan. Maha barokah Engkau wahai yang memiliki keagungan dan kemuliaan.
سبحان الله (33 X)
Maha suci Allah
الحمد لله (33 X)
Segala puji bagi Allah
الله أكبر (33 X)
Allah maha yang agung
لاإله إلا الله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيئ قدير
”Tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya segala kerajaan dan kepunyaan-Nya segala puji dan Dia maha berkuasa atas segala sesuatu.”

اللهم لا مانع لما أعطيت ولا معطي لما منعت ولا ينفع ذا الجد منك الجد
”Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak kepada apa yang telah Engkau berikan kepadanya, dan tidak ada yang dapat memberi kepada apa yang telah Engkau tolak dan tiada gunanya kemuliaan, dari Engkaulah datangnya kemuliaan.”

Sebagian doa yang dibaca setelah shalat,

اللهم اغفرلي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا
”Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mengasihiku di masa kecil.”

ربنا آتنا في الدنيا حسنة و في الآخرة حسنة و قنا عذاب النار
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akihrat, dan perilaharalah kami dari siksa neraka”

اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
”Ya Allah, bantulah aku agar aku selalu mengingat-Mu, semoga aku dapat bersyukur kepada-Mu dan semoga aku dapat benar-benar ibadah kepada-Mu.”

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً.
“Ya Allah! Sesungguhnya aku mo-hon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diteri-ma.”

سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العلمين
”Maha suci tuhanmu, tuhan yang maha mulia dari apa yang mereka sifatkan dan keselamatan terhadap para rasul dan segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam.”

Tinggalkan Balasan

