10 Tips Agar Hidup Bahagia

1. Pikirkan dan syukurilah.
Lihatlah apa yang ada dalam diri kita dan apa yang kita miliki, berupa pendengaran, penglihatan, harta dan yang lainnya. Mengapa kita selalu memikirkan apa yang belum kita miliki? padahal banyak orang lain yang lebih susah dari kita. Rasulullah saw mengajarkan untuk selalu melihat ke bawah (kepada orang yang lebih susah) supaya kita selalu bersyukur. Pikirkanlah betapa banyak nikmat yang Allah berikan, lalu syukurilah!

2. Perbanyak Istighfar
Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang banyak memohon ampunan kepada Allah, niscaya Allah akan membebaskannya dari berbagai penderitaan, memberikan jalan keluar dari berbagai kesulitannya dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad)

3. Jangan mengharapkan balasan dari orang lain
Berharaplah hanya kepada Allah dari setiap pekerajaan yang kita lakukan, janganlah berharap balasan atau terima kasih dari manusia karena kadang hanya akan membuat kita kecewa. Sikap ini dicotohkan dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah, kami tidak menginginkan balasan dari kamu dan tidak pula ucapan terima kasih.” (QS. Al-Insan [6] : 9).

4. Yakinlah, bersama kesulitan ada kemudahan
Di saat kita dihadapkan dengan kesulitan, maka percayalah akan ada kemudahan. Selalu yakinlah dengan firman Allah: “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Asy-Syarh [94] : 5-6).

5. Terimalah pemberian dari Allah (Qonaah)
Ada salah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, aku ingin menjadi orang yang paling kaya? Beliau menjawab; “Ridholah dengan apa yang Allah telah bagi untukmu, niscaya kamu akan menjadi orang yang paling kaya.”

6. Bertawakal, berdoa dan selalu berdzikir kepada Allah.
Tawakkal artinya menyerahkan segala urusan kita kepada Allah. Otak dan keahlian manusia tidak bisa menentukan suatu keberhasilah. Allah-lah yang menentukan. Kita hanya diperintahkan untuk berdoa dan berusaha, selebihnya bertawakal. Janganlah melupakan Allah sedetikpun, karena dengan berdzikir (mengingat) kepada Allah dengan membaca Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar dan yang lainnya, hati kita akan menjadi tenang.

7. Jangan cemas karena masalah sepele
Janganlah biarkan diri kita sibuk dengan masalah-masalah yang tidak penting (sepele), karena hanya akan membuat kita gelisah.

8. Jauhi sikap dengki
Orang pendengki akan selalu resah hidupnya ketika melihat orang lain yang ia dengki mendapat kesenangan. Padahal Islam mengajarkan untuk mencintai sesama kita sebagaimana mencintai diri-sendiri.

9. Jangan marah
Rasulullah saw mengajarkan; “Janganlah marah, maka engkau akan masuk surga”. Kita boleh marah hanya karena Allah, bukan karena masalah pribadi. Tahanlah amarah karena ia hanya akan membuka celah masuknya setan, kemudian tanpa sadar kita melakukan kesalahan.

10. Berbuat baik kepada orang lain
Ketika kita mau berbuat baik kepada orang lain dengan apapun yang kita mampu, maka kita akan merasakan kebahagiaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s