Tidak berambisi terhadap dunia

Kisah Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik dan Seorang A’robi (Orang Arab Pedalaman)

Suatu ketika Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik melaksanakan ibadah haji. Pada saat ia sholat di dekat Ka’bah, ia melihat seorang A’robi di sampingnya, ia merasa iba kepadanya. Khalifah berkata, “Apakah engkau mempunyai kebutuhan untuk aku penuhi?” A’robi itu menjawab dengan santai, “Sesungguhnya aku malu kepada Allah, aku sedang berada di rumahnya tetapi aku meminta kepada selainnya.” Ketika A’robi itu keluar dari Masjid, Khalifah berjalan di belakangnya dan kembali berkata, “Sekarang kita telah keluar dari Masjid, apakah engkau mempunyai kebutuhan untuk aku penuhi?” A’robi malah balik bertanya, “mengenai kebutuhan dunia atau kebutuhan akhirat?” Khalifah menjawab, “kebutuhan dunia.” A’robi itu berkata kepada Khalifah, “Sesungguhnya aku tidak meminta dunia kepada Yang memilikinya (Allah Azza wajalla), bagaimana mungkin aku meminta kepada yang tidak memilikinya??”

Tinggalkan Balasan

